Mau Dapat Beasiswa ke Belanda? Daftar Saja di Sini

Bagikan ke:

PALMERAH, LenteraEdukasi.com — Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa (EU), kembali membuka beasiswa untuk belajar di Belanda.

Bagi mahasiswa S1 Indonesia yang berminat menuntut ilmu di negeri Kincir Angin tersebut dapat mendaftarkan diri ke www.share-asean.eu.

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Bidang Socio-Cultural Community, Vongthep Arthakaivalvatee, menjelaskan, beasiswa tersebut merupakan program beasiswa SHARE.

Program itu menjalankan pertukaran mahasiswa di berbagai universitas di ASEAN.

Program beasiswa itu memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa dari 32 universitas yang berpartisipasi dalam program beasiswa SHARE untuk kuliah satu semester di universitas-universitas yang tergabung dalam program beasiswa SHARE.

“Beasiswa ini kami berikan, selain karena mobilitas mahasiswa tidak hanya menjadi elemen penting dalam usaha membangun komunitas ASEAN yang lebih dinamis dan berfokus pada masyarakatnya, juga menjadi bagian penting dalam pengembangan akademis dan karir bagi para calon pemimpin di ASEAN,” kata Vongthep, di Jakarta.

Vongthep menambahkan, persyaratan untuk bisa mendaftar dalam program beasiswa ini adalah sudah menyelesaikan minimal dua semester dan juga sudah diterima di salah satu universitas yang tergabung dalam program beasiswa SHARE.

Di angkatan ketiga tersedia 125 beasiswa untuk berkuliah di universitas ASEAN yang tergabung dalam program beasiswa SHARE.

Tersedia juga 50 beasiswa untuk kuliah satu semester di 10 universitas yang tergabung dalam program beasiswa SHARE yang ada di Eropa.

“Dalam dua angkatan SHARE sudah memberikan 150 beasiswa. Pada saat ini ada kurang lebih 134 mahasiswa dalam program beasiswa SHARE yang sedang menjalankan program pertukaran mahasiswa di berbagai universitas di ASEAN,” ujar Vongthep.

Franscisco Fontan, Duta Besar Uni Eropa untuk Organisasi ASEAN, Francisco Fontan, mengatakan, ia sangat mendorong mahasiswa di Indonesia mendaftarkan diri agar mendapatkan beasiswa tersebut.

“Ini kesempatan yang sangat berharga. Di Eropa, selama tiga puluh tahun program Erasmus+ telah memberikan banyak pelajaran tentang pentingnya pengalaman belajar di luar negeri untuk pengembangan karier individu dan juga dalam membangun komunitas regional,” tutur Francisco.

Mahasiswa Vietnam National University, Nguyen Phuong Anh, menyatakan rasa terimakasihnya telah menerima beasiswa tersebut.

Selama satu semester ia menimba ilmu di University of the Philippines, Filipina. Walaupun hanya satu semester, hal itu mampu menambah pengetahuannya tentang Filipina.

“Ini pengalaman yang membuka mata saya. Terima kasih kepada beasiswa SHARE atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bisa mempelajari banyak hal tentang negara tempat saya kuliah dan juga negara lainnya di kawasan ini. Kesempatan ini memperluas pengetahuan saya secara signifikan, mengembangkan pola berpikir saya terhadap negara-negara lain dan juga dalam bersikap dan menghargai budaya lain,” tandas Phuong Anh.

Program beasiswa SHARE merupakan bagian dari program “”EU Support to Higher Education in the ASEAN Region (Dukungan dari Uni Eropa untuk Pendidikan Tinggi yang ada di Regional ASEAN)”, atau yang di singkat dengan SHARE. Program SHARE dibuat oleh ASEAN dan Uni Eropa untuk memperkuat kerja sama antarregional, meningkatkan kualitas dan daya saing regional dan juga internasionalisasi pendidikan tinggi di ASEAN.

SHARE secara resmi diluncurkan pada bulan Mei 2015 dan hibah yang diberikan oleh Uni Eropa sebesar 10 Juta Euro.

Dalam rangka mewujudkan dan mengimplementasikan program SHARE sampai dengan tahun 2019, ASEAN bekerja sama dengan konsorsium organisasi dari Eropa yang bergerak di bidang pendidikan, konsorsium tersebut diketuai oleh British Council dengan anggota Campus France, DAAD, EP-Nuffic, ENQA dan EUA.

Salah satu program kerja SHARE yaitu memberikan sekitar 500 beasiswa bagi mahasiswa dari universitas yang ada di ASEAN dalam rangka menguji perbaikan sistem yang menunjang program pertukaran mahasiswa dan pengakuan kredit di dalam regional ASEAN. (wartakota.tribunnews.com)

Bagikan ke:

Komentar

komentar

Related posts

Leave a Comment