Tujuh Hari Pendidikan Istimewa Kabupaten Purwakarta

Bagikan ke:
PURWAKARTA, LenteraEdukasi.com — Menteri Pendidikan Republik Indonesia memberlakukan Fully Day School menimbulkan perbincangan ramai kalangan Netizen, Pujian dan hujatan pun menghiasi Beranda media sosial saya.

Saya ingin berceritan tentang Fully Day School di Kabupaten Purwakarta yang menerapkan pendidikan selama lima hari dalam seminggu, dua hari libur.
Kebijakan seperti ini bukanlah barang Baru di purwakarta, kebijakan ini tertuang dalam Perturan Bupati.
Sejak menjabat menjadi Bupati Purwakarta pada tahun 2008, Kang Dedi Mulyadi langsung mengusung Pendidikan Berkarakter. Pada tahun 2012 sebagai kepanjangan pendidikan berkarkter, dia menerapkan Fully Day School.
Materi pendidikannya pun setiap hari berbeda-beda. Yang di usung selama tujuh hari pendidikaan. Hari senin ‘Ajeg Nusantara’ materinya tentang Nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air.
Selasa, ‘Mapag Buana’ tentang peradaban dan sejarah Dunia, Rabu ‘Maneuh di Sunda’ pelajarannya tentang kearifan dan budaya sunda, Kamis ‘Nyanding Wawangi’ materinya pembentukan mental, kreativitas dan produktifitas.
Sedangkan Jum’at ‘Nyucikeun Diri’ untuk hari tersebut, siswa di fokuskan untuk belajar mendalami kehidupan Religius keagamaan.
Sementara Sabtu-Minggu ‘Betah Di Imah’ sekolahnya memang diliburkan, tetapi mereka di wajibkan untuk membantu orang tuanya. Selain agar hubungan emosional tetap terjaga dengan orang tua, siswa juga agar paham bagaimana susahnya mencari materi.
Untuk pembentukan anak-anak yang Religius dan memahami agama lebih komprehensif, siswa di wajibkan belajar kitab suci sesuai dengan agamanya masing-masing.

Untuk pendukung kebijakan tersebut, setiap Sekolah memiliki ruang ibadah khusus bagi setiap pemeluk agama. Siswa bisa belajar di sekolah, bisa juga beribadah sesuai dengan agamanya.
Jadi, pendidikan Fully Day School di Purwakarta tidak hanya berfokus pada Intelektualitas semata, tetapi juga pembentukan mental dan Akhlak.
Kalau Kemendikbud menerapkan delapan jam perhari di sekolah, Kabupaten Purwakarta menerapkan lima jam di sekolah. Masuk pukul 06:00 dan pulang Pukul 11:00.
Saya berani Katakan, kalau Fully Day School bukanlah kebijakan baru, jauh sebelum diberlakukan Purwakarta sudah menerapkannya lebih dulu. Jadi, Purwakarta merupakan Pelopor untuk kebijakan tersebut. 

Bagikan ke:

Komentar

komentar

Related posts

Leave a Comment