Jeanice Elina Setyono, Siswi SDK 6 Penabur Raih Mendali Emas Olimpiade Sains

Bagikan ke:

JAKARTA, LenteraEdukasi.com—Jeanice Elina Setyono,  siswi SDK 6 Penabur, Jakarta Utara, berhasil menggondol Medali Emas pada ajang India International Mathematical Competition (InIMC) yang diselenggarakan di City Montessori School, RDSO Campus, Lucknow, India yang digelar dari tanggal 24-31 Juli 2017 yang lalu.

Selain Jeanice yang meraih emas,  ada juta tiga siswa yang meraih medali Perak yaitu Hendy Sutono, Darren Darwis Tanuwijaya dan Galih Nur Rizky. Medali Perunggu diraih Maulana Satya Adigama dan Reynard Suhada.

Selain peraih medali tersebut, empat peserta meraih penghargaan Merit, yakni Alifa Batrisya Nariswari,  David Shane Goh,  Nisrina Fathiyya Nugraha  dan Gregory Edward Suryawan.

Para siswa SD yang ikut dalam ajang olimpiade sains internasional tersebut terdiri dari  para peraih medali pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad mengaku bangga atas prestasi Indonesia tersebut. Prestasi tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Tim Indonesia pada ajang InIMC tahun ini memperoleh prestasi yang luar biasa dan lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Thailand yang mendapatkan dua medali perunggu,” katanya saat menjemput para peserta Olimpiade di  Bandara International Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (01/08/2017).

Delegasi Indonesia terdiri dari 12 siswa yang terbagi menjadi tim A, B, dan C yang masing tim terdiri dari empat orang. Siswa yang tergabung dalam tim A yakni Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), David Shane Goh (SDK Penabur XI Jakarta Barat), Galih Nur Rizky (SDS Islam Al Azhar 10 Serang, Banten), dan Alifa Batrisya Nariswari (SD Muhammadiyah Sapen I, Kota Yogyakarta).

Selanjutnya siswa yang tergabung dalam tim B adalah Jeanice Elina Setyono (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara), Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan Sumatera Utara), Azfa Radyiyya Hakim (SD Islam Al Fauzien Kota Depok, Jawa Barat), dan Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen I Yogyakarta). Sedangkan yang tergabung dalam tim C adalah Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara), Nisrina Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat), Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma 3 Balikpapan, Kalimantan Timur), dan Gregory Edward Suryawan (SDK Tunas Daud Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat).

InIMC tahun 2017 diikuti oleh 26 negara, terdiri dari 72 tim untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), dengan jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari kontes Individual  dan kontes secara tim.

Pelajar Indonesai yang mengikuti kompetisi ini mendapatkan pembinaan selama dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 15 – 21 Juni 2017 dan tahap kedua pada tanggal 19 – 24 Juli 2017, kedua tahapan tersebut diselenggarakan  di Jakarta.

“Kami sangat bangga kepada para siswa kita yang telah meraih juara tingkat dunia. Kami berharap prestasi yang telah dicapai ini dapat menularkan kepada siswa kita yang lainnya,” tutur Hamid. (admin/sumber:kemdikbud.go.id)

 

Bagikan ke:

Komentar

komentar

Related posts

Leave a Comment